Saturday 24 May 2014

Manfaat Khasiat Mengolah Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah (Allium cepa L.) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit - Postingan kali ini akan membahas tentang Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah (Allium cepa L.) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit. Tahukah Anda apa itu Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah (Allium cepa L.) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit? Di bawah ini adalah jawaban dari pertanyaan apa Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah (Allium cepa L.) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit itu.

Bawang merah sering pula disebut berambang. Umbi lapis berwarna keungu-unguan itu berbau tajam. Tanaman semusim yang tidak berbatang itu daunnya hijau panjang, berbentuk tabung yang ujungnya lancip. Baik umbi maupun daunnya sehari-hari dipakai untuk mengharumkan dan menyedapkan berbagai makanan. Namun bawang merah juga sering dipakai dalam berbagai ramuan obat tradisional. Orang Inggris menyebutnya shalot.

Bawang Merah (Allium cepa L.) Berkhasiat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


bawang merah alltum cepa manfaat khasiat kesehatan kecantikan cara mengolah pengolahan tanaman tumbuhan apa saja

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah (Allium cepa L.) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit


Suku: Liliaceae

Kandungan & Manfaat: Karena mengandung flavonglikosida, ia dianggap antiradang, pembunuh bakteri, sedangkan kandungan saponinnya mengencerkan dahak. Ia juga memiliki sejumlah zat lain yang berkhasiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan pengeluaran angin dari perut, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolestrol, dan kadar gula dalam darah. Menurut penelitian terakhir, bawang merah juga bisa mencegah kanker karena kandungan sulfurnya.

Kegunaan:
  • Menurunkan demam pada anak:

    Kupaslah 2 atau 3 bawang merah, cuci, dan parut. Ambil 2 sendok makan minyak goreng, 1/2 sendok makan minyak kayu putih, seiris jeruk nipis diambil airnya atau air dari sedikit asam jawa. Semua dicampur. Digosokkan ke ketiak, punggung, dan perut. Kalau panasnya tinggi, gosokkan ke kepala, ketiak dan semua lipatan badan, juga ke perut, telapak kaki dan bagian-bagian badan yang terasa panas kalau dipegang.
  • Menghilangkan perut kembung:

    Ramuan yang sama dengan diatas, digosokkan ke perut dan sekitarnya. Jika belum kentut, ulangi kira-kira seperempat jam kemudian.
  • Menghilangkan masuk angin:

    5 bawang merah dikupas, dicuci, diparut, lalu dicampur dengan 2 sendok makan minyak goreng.
  • Sebagai kerokan:

    2 bawang merah dikupas, dicuci, dipurat, lalu dicampur dengan 2 sendok makan minyak goreng.
     
  • Sebagai kerokan pada anak-anak:

    1 bawang merah dikupas, dicuci, dipotong jadi 2, lalu digosok-gosokkan ke kulit anak, seperti kita sedang mengerok.
     
  • Mengobati disentri:

    3 bawang merah dikupas, 1/2 cangkir daun patikan Cina, dan  5 cm pulasari. Semua dicuci, diiris, ditaruh di mangkuk lalu dikukus kira-kira 1 jam. Disaring dengan kain bersama cairan yang terkumpul di mangkuk. Takaran itu untuk dua kali minum. Ulangi sampai sembuh. 
  • Menyembuhkan hipertensi:

    3 bawang merah, dikupas, dicuci, ditelan utuh atau diiris kasar dulu baru dimakan,
  • Menyembuhkan deabetes:

    3 bawang merah, 10 buncis, 10 salam dicuci, diiris, direbus dengan 1/2 gelas air. Saring dan airnya diminum 1x sehari. Periksakan gula darah 2 minggu kemudian.
     
  • Menyembuhkan kutu air/kakirangen:

    3 bawang merah dikupas, dicuci, diparut. Campur dengan 1 sendok makan minyak kelapa, lalu didihkan. Hangat-hangat oleskan ke sela-sela jari yang gatal. Kaki hendaknya dicuci dulu dengan air hangat dan keringkan. Hindari tempat becek dan kaki basah.
     
  • Mengobati bisul/luka:

    1 bawang merah dikupas, dicuci, diparut, lalu ditempelkan ke bisul/luka.
  • Menyembuhkan payudara yang bengkak/mastitis:

    5 bawang merah dikupas, dicuci dengan air hangat, diparut, ditempelkan ke payudara, tetapi jangan mengenai putingnya.
     
  • Melancarkan air seni pada anak disertai demam:

    Gejala ini biasanya diikuti dengan stuip. Untuk mencegahnya, tempelkan dan balut ramuan berikut ini di perut bagian bawah: 5 bawang merah dikupas, dicuci; secangkir peterseli dicuci, seujung kelingking tawas, semua dihaluskan.

Demikianlah artikel berjudul Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah (Allium cepa L.) Unuk Kesehatan Dan Kecantikan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit ini. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah (Allium cepa L.) Unuk Kesehatan Dan Kecantikan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit. Semoga Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah (Allium cepa L.) Unuk Kesehatan Dan Kecantikan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga:

Manfaat Dan Khasiat Asam Jawa (Tamarindus indica L.) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit
Manfaat Dan Khasiat Alang-Alang Untuk Kesehatan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit 
Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih (Allium sativum L.) Untuk Kesehatan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit
Manfaat Dan Khasiat Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) Untuk Kesehatan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit 
Manfaat Dan Khasiat Belimbing Manis (Averhoa carambola L.) Untuk Kesehatan Dalam Mengobati Berbagai Penyakit 

No comments:

Post a Comment