Tuesday 9 December 2014

Lindungi Rambut Dan Kulit Dari Bahaya Klorin Di Kolam Renang

Lindungi Rambut Dan Kulit Dari Bahaya Klorin Di Kolam Renang - Berenang atau relakasasi selama musim panas memang terdengar sangat menyenangkan. Berenang dapat mengistiratkan Anda dari terkena sengatknya matahari yang sangat panas. Namun, mungkin Anda kurang tahu bahwa kesenangan yang Anda dapatkan dari berenang dapat memberikan pengaruh buruk bagi kulit dan rambut Anda.

Hal ini dikarenakan keberadaan klorin yang terkandung dalam kolam renang umum. Klorin adalah semacam bahan yang dapat melawan pertumbuhan bakteri dan jamur yang biasa ditambahan dalam kolam renang. Efek dari klorin tersebutlah yang membuat kolam renang umum terliat bersih dan segar. Dan hampir semua kolam renang umum mencampurkan klorin dalam kolam.

Nah, sayangnya klorin memberikan pengaruh yang buruk bagi rambut dan kulit Anda. Untuk itulah Anda perlu mengetahui tips dan cara apa saja untuk melindungi rambut dan kulit Anda dari bahaya klorin. Apalagi bagi Anda yang memiliki hobi berenang. Langsung saja, simak Lindungi Rambut Dan Kulit Dari Bahaya Klorin Di Kolam Renang berikut ya!

Tips Cara Melindungi Rambut Dan Kulit Dari Bahaya Klorin Di Kolam Renang Umum


bahaya klorin kolam renang tips cara melindungi rambut kulit berbahaya umum tips cara

Lindungi Rambut Dan Kulit Dari Bahaya Klorin Di Kolam Renang


Bagi Kulit Anda

Klorin yang terkandung dalam kolam renang memang bisa membuat air tetap bersih, namun klorin dapat membuat kulit Anda kekeringan dan iritasi. Terkena klorin secara terus-menerus dapat menyebabkan gata-gatal dan terkena penyakit dermatis. Apalagi jika kandungan pH dalam kolam renang tidak netral (antara 7,2-7,5), maka gejalanya pun semakin parah. Kulit Anda akan memiliki ruam-ruam berwarna merah yang sangat tidak nyaman.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Pertama, pastikan pH kolam renang yang Anda datangi netral untuk mengurangi resiko. Anda bisa menanyakan langsung pada karyawannya. Lalu, setelah Anda berenang, segeralah untuk membasuh tubuh Anda dengan air bersih sebelum klorin  mulai beraksi. Terakhir, pastikan Anda telah menggunakan lotion yang baik untuk melindungi kulit sebelum masuk ke kolam renang dan setelah membasuh tubuh setelah selesai berenang untuk melembabkan kulit.

Bagi Rambut Anda

Sayangnya, klorin sangat berbahaya bagi helai rambut Anda. Rambut memilik lapisan dari sebum alami yang membuat rambut luwes dan bersinar. Klorin yang memiliki pengarung mengeringkan itu dapat merusak lapisan minyak rambut tersebut. Akibatnya, membuat rambut mudah patah, kusut, dan tua.

Klorin dan garam juga dapat masuk hingga lapisan kutikula rambut, yaitu lapisan yang menutup batang rambut yang membuat rambut bersinar dan lembut. Kutikula biasanya datar namun jika kutikula diserang, maka rambut akan rapuh dan susah diatur. Efek yang paling buruk dari klorin bagi rambut adalah dapat membuat rambut menjadi rapuh, mudah patah, bercabang, sangat terlalu rapuh untuk dibuat gaya.

Untungnya, efek dari klorin tersebut masih bisa dicegah. Cara terbaik adalah dengan menggunakan swim cap. Penutup rambut yang ketat ini akan membantu mencegah tersentuhnya air dan rambut.

Bagi yang terlalu tidak menyukai menggunakan swim cap, Anda bisa membasahi rambut Anda terlebih dahulu dengan air bersih. Rambut yang sebelumnya telah terbasahi dengan air ketika tekena air yang mengandung klorin setidaknya efeknya terkurangi. Meskipun sedikit. Cara lain, Anda dapat mengolesi rambut Anda dengan kondisioner sebelum masuk ke dalam kolam renang.

No comments:

Post a Comment