Wednesday 24 December 2014

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya - Tanaman kecil ini ukuran daunnya bisa 8 x 25 cm. Karena batangnya pendek sekali, daunnya sampai menutupi tanah. Warna bunganya ungu putih. Dijadikan tanaman hias penutup tanah pun cocok. Bahkan Anda bisa memelihara tanaman ini di pot yang diberi tanah gembur. Yang ditanam adalah rimpangnya yang sudah tua. Rimpangnya yang masih muda berwarna putih dan dipakai untuk lalapn. Rimpang yang sudah tua ditutupi kulit berwarna coklat. Baunya harum.

Suku: Zingiberaceae

Kandungan & Manfaat: Rimpang kencur mengandung borneol, methyl-pcumaric acid, cinnamicacid ethyl-ester, pentadecane, cinnamic aldehyde, camphene, dll. Juga berkhasiat menghangatkan, menyingsetkan, menghilangkan rasa sakit, memudahkan pengeluaran air dan angin dari tubuh, mengencerkan dahak. Kencur segar mengandung antibakteri walau cuma sedikit.

Manfaat Khasiat Kencur Untuk Kesehatan Serta Cara Mengolahnya


kencur manfaat khasiat kesehatan cara mengolah pengolahan

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya


Kegunaan:


  1. Menyembuhkan Batuk Biasa:

    Cara I: 3 potong kencur masing-masing sebesar jari dicuci, dikupas, diparut. Beri setengah gelas air dan sedikit garam. Peras dengan kain. DIminum setiap pagi dan sore, masing-masing 1 resep.
    Cara II: Sepotong kencur sebesar jari, dicuci, dikupas dan dikunyah-kunyah sampai lumat, sambil airnya ditelan. Dilakukan setiap pagi.
    Cara III: Sepotong kencur sebesar jari dicuci, diparut. Diberi 2 sendok makan air. Diperas airnya dengan kain. Cukup untuk 1x minum. Sebaiknya, sehari minum 2x selama beberapa hari. Resep ini juga bisa digunakan untuk sakit perut. Pada anak-anak cukup setengah dosis.
    /
  2. Menyembuhkan Batuk Asmatis:

    Cara I: 3 potong kencur masing-masing sebesar jari, 7 tangkai patikan kerbau (Euphorbia hirta L.), 1 cangkir daun pegagan/antanan. Semua dicuci dan dihaluskan. Beri 1/2 gelas air. Saring. Supaya rasanya lebih enak, beri gula batu. Diminum 1x sehari sebelum sarapan. Ulangi sampai sembuh.
    Cara II: Sepotong kencur sebesar jari beberapa helai daun sirih, dan beberapa batang akar alang-alang dicuci. Kencur dilumatkan. Rebus semua dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Beri gula batu. Kalau akan diminum, beri sedikit air jeruk nipis. Minum pada sore hari.
    /
  3. Menyembuhkan Bengkak:

    Cara I : Kencur dicuci, dilumatkan, ditempelkan ke tempat yang bengkak. Balut. Ganti dengan ramuan baru 2x sehari.
    Cara II: Sepotong kencur sebesar jari, 1/2 biji pinang, asam kawak sebesar telur buruh purung puyuh, 5 helai daun dadap, semua dicuci dan dilumatkan. Tempelkan ke bagian yang bengkak, lalu balut. Ganti dengan ramuan baru 2x sehari.
    /
  4. Menyembuhkan Jerawat:

    Sepotong kencur sebesar jari, sepotong teulawak sebesar jari, 5 butir jintan, dicuci, dilumatkan bersama sebuku jari asam kawak dan gula aneh. Seduh dengan segelas air. Setelah suam-suam kuku disaring dengan kain dan diberi air jeruk nipis. Minum pagi hari.

    Selain itu juga harus dibarengi dengan kebersihan kulit wajah. Sebelum tidur, wajah dicuci dengan air aam kawak atau dengan air jeruk nipis.
    /
  5. Menyembuhkan Nyeri Haid:

    2 potong kencur masing masing seibu jari, dicuci, diparut. Rebus dengan 2 gelas air bersama sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan 1/2 sendok teh adas sampai airnya tinggal setengah. Saring. Untuk diminum separuh pagi, separuh sore.
    /
  6. Menyembuhkan Sakit Perut Saat Diare:

    2 potong kencur masing-masing sebesar jari, 3 bawang merah, dikupas, diparut. Bungkus dengan daun pisang, lalu garang di atas api beberapa menit. Hangat-hangat dioleskan ke perut yang sakit.
    /
  7. Menyembuhkan Masuk Angin:

    Sepotong kencur dicuci, dikupas, dimakan sebagai lalap. Lakukan 2x sehari.
    /
  8. Menyembuhkan Migrain:

    Sepotong kencur sebesar jari, sepotong jahe 3 cm, lempuyang sebesar jahe, 1/2 sendok teh adas, sepotong pulasari ukuran 5 cm. Semau dicuci, dilumatkan. Beri 6 sendok makan air, saring dengan kain. Supaya lebih enak, beri madu. Untuk diminum 3x sehari, masing-masing 2 sendok makan.
    /
  9. Menyembuhkan Pilek:

    Sepotong kencur sebesar jari, 2 bawang merah dikupas, dicuci dan diparut. Beri 3 sendok makan air. Airnya diminum. Ulangi 3x sehari.
    /
  10. Meneymbuhkan Pegal Linu:

    7 potong kencur sebesar jari dicuci, dikupas, dimemarkan, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Kira-kira 2 ons gula aren direbus dengan 2 gelas air sampai larut, saring. Dua potong jahe masing-masing sebesar ibu jari dicuci, dikupas, dimemarkan. Lima butir kapulaga dicuci. Dua sendok makan penuh beras dicuci, diangin-angin sampai kering, disangrai, dihaluskan, diayak.
    /

No comments:

Post a Comment