Thursday 25 December 2014

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya - Lengkuas atau lada ada yang berimpang putih, ada pula yang berimpang merah. Yang merah ukurannya lebih besar dan khasiatnya untuk obat lebih banyak. Tanaman ini memiliki batang semu seperti jahe, tapi tingginya bisa sampai 2 m. Daunnya pun lebih melebar. Lengkuas yang subur panjang daunnya bisa setengah meter dan lebarnya 15 m.

Suku: Zingiberaceae

Kandungan & Manfaat: Mengandung minyak atsiri antara lain: galangol, galangin, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate. Lengkuas berkhasiat antijamur, antibakteri, menghangatkan, membersihkan darah, menambah nafsu makan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mengencerkan dahak, mengharumkan, merangsang otot dan konon berkhasiat aprodisiak.

Khasiat Lengkuas/Laos Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya


lengkuas laos khasiat manfaat kesehatan cara mengolah pengolahan

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya


Kegunaan Lengkuas Dan Cara Mengolahnya:


  1. Menyembuhkan Panu:

    Cara I: Sepotong lengkuas segar dicuci bersih, dimemarkan salah satu ujungnya. Bagian yang memar dan berserabut itu dicelupkan ke 1 sendok makan cuka, lalu disapukan ke bercak panu yang sudah dibersihkan. Lakukan 2-3x sehari sampai sembuh.
    Cara II: Seibu jari lengkuas segar dicuci dan diparut, 10 helai daun belimbing wuluh dicuci, dilumatkan bersama 1 sendok teh kapur sirih dan sedikit garam. Semua dicampur. Dioleskan ke panu 2-3x sehari sampai sembuh.
     /
  2. Menyembuhkan Nyeri Haid:

    Seibu jari lengkuas segar, setelunjuk kunyit dicuci, dikupas, dan dimemarkan, 1 sendok makan penuh ketumbar, 3 tanaman meniran beserta akarnya, dicuci. Semua direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring airnya. Cairan ini cukup untuk 2 hari. DIminum pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas. Yang belum terminum taruh di lemari es.
    /
  3. Menyembuhkan Kutil:

    Cara I: Sepotong lengkuas segar dicuci bersih, diparut. Ulek bersama 2 sendok teh penuh kapur sirih. Dioleskan ke kutil beberapa kali sehari sampai kutil hilang.
    Cara II: Sepotong lengkuas segar dicuci, diparut, dilumatkan bersama 1 bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci serta diberi 1 sendok teh cuka. Oleskan ramuan ini pada kutil.
    /
  4. Sebagai Obat Kuat:

    Cara I: 2 potong lengkuas segar masing-masing seukuran ibu jari, 3 potong jahe segar seukuran ibu jari, dicuci, diparut. Diperas dengan kain. Airnya dicampur dengan sebutir ragi tapai yang dihaluskan dan air dari 2 jeruk nipis, sedikit garam, 1/2 sendok teh merica dan 1/2 gelas air. Aduk dan minum secara berkala.
    Cara II: Lengkuas dicuci, dimemarkan, direbus sampai airnya tinggal setengah dan diminum secara berkala.
    /
  5. Menguatkan Otot Yang Lama Tidak Digerakkan  Karena Sakit Atau Rematik:

    Beberapa potong lengkuas segar dicuci, diparut, airnya diperas dengan kain, digosokkan ke bagian badan yang lemah. Bisa juga lengkuasnya dipakai untuk menggosok.
    /
  6. Mengobati Limpa Bengkak:

    2 potong lengkuas segar seukuran ibu jari, 3 potong temulawak seukuran ibu jari. Keduanya dicuci dan diiris. Rebus bersama secangkir daun meniran dan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum separuh pagi, separuh sore. Ulangi sampai sembuh.
    /
  7. Membersihkan Darah:

    2 potong lengkuas sebesar ibu jari dikupas, diparut, diberi 1/2 gelas air, diperas dengan kain. Airnya diminum.
    /

No comments:

Post a Comment