Friday 9 January 2015

Hindari Kelahiran Prematur Dengan Kebiasaan Sehat Saat Hamil

Hindari Kelahiran Prematur Dengan Kebiasaan Sehat Saat Hamil - Menjadi hamil adalah salah satu momen paling bahagia dalam hidup seorang wanita. Meskipun Anda merasa gembira dengan meluap-luap atas kehamilan yang terjadi pada Anda, Anda harus selalu memperhatikan kandungan Anda. (Baca juga: Tips Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan)

Yang harus Anda catat adalah bahwa menjalani proses kehamilah bisa menjadi sulit. Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama Anda. Jadi yang Anda butuhkan adalah untuk berhati-hati dan senantiasa menjaga tubuh Anda dan janin yang ada di dalam tubuh Anda selama masa kehamilan tersebut.

Lakukan Kebiasaan Sehat Saat Kehamilan Untuk Menghindari Kelahiran Prematur


kelahiran prematur dini lahir kebiasaan hamil sehat hindari tidak tips cara

Hindari Kelahiran Prematur Dengan Kebiasaan Sehat Saat Hamil


Apa Itu Kelahiran Prematur?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kelahiran prematur didefinisikan bayi yang lahirnya sebelum 37 minggu dari usia kehamilan. Ada beberapa jenis kelahiran prematur berdasarkan usia kehamilan:
  • sangat prematur (lahir kurang dari 28 minggu kehamilan)
  • sangat prematur (lahir antara 28-32 minggu kehamilan) 
  • sedang untuk akhir prematur (lahir antara 32-37 minggu kehamilan)
Kadang, kehamilan yang sehat juga dapat membuat Anda mengalami persalinan prematur karena biasanya kelahiran prematur tidak diantisipasi. Kelahiran prematur juga terjadi karena beberapa penyebab tidak tidak banyak orang ketahui.

Jadi, dengan mengadopsi kebiasaan kehamilan yang sehat dapat membantu menjaga bayi Anda tetap sehat sampai bayi Anda sepenuhnya siap untuk lahir ke dunia. (Baca juga: Lima Hal Yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan)
/

Bagaimana Mencegah Kelahiran Prematur?

Berikut adalah beberapa tips dan cara sederhana yang disarankan oleh para ahli kesehatan yang dapat membantu Anda menghindari kelahiran prematur:
/
  1. Makan Makanan Sehat:
    Ketika hamil, Anda harus makan makanan sehat seimbang demi kesehatan Anda, bayi Anda dan kehamilan. Pastikan bahwa Anda mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan dalam proporsi yang tepat setiap hari, seperti Vitamin A, C, E, asam lemak omega-3, kalsium, magnesium, zat besi, seng dan yang paling penting asam folat. Makanan dengan kandungan tersebut dapat membantu menghindari persalinan prematur. (Baca juga: Dos Dan Don'ts Bagi Wanita Hamil Ketika Traveling)
    /
  2. Lakukan Kebiasaan Sehat:
    Jika Anda merokok, minum atau menggunakan jenis obat, Anda harus menghentikannya.
    /
  3. Konsumsi Banyak Air:
    Ingatlah untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi dini. Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga dapat meningkatkan kesehatan bayi.
    /
  4. Hindar Stress:
    Stres memang bukan penyebab langsung terjadinya kelahiran prematur. Tapi, cobalah untuk tidak stress selama kehamilan demi kesehatan Anda sendiri. Mintalah bantuan ketika Anda mendapat kesulitan atau masalah. Dan cobalah untuk bersantai.
    /
  5. Perhatikan Berat Badan:
    Memiliki berat badan terlalu banyak atau terlalu sedikit selama kehamilan dapat meningkatkan resiko persalinan prematur Anda. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan peluang Anda untuk terkena diabetes gestational dan preeklampsia (keduanya meningkatkan resiko kelahiran prematur), sedangkan yang terlalu kurus bisa memajukan tanggal jatuh tempo kelahiran serta membuat bayi Anda lahir dengan ukuran terlalu kecil.
    /
  6. Konsumsi Cukup Vitamin:
    Jangan mengabaikan obat yang diberikan dokter, obat-obat tersebut tidak hanya baik untuk Anda dan kesehatan bayi Anda, tetapi juga akan menurunkan kemungkinan terjadi kelahiran prematur. 
    /
  7. Jangan Tunda Buang Air:
    Selama kehamilan, Anda tidak boleh menahan kencing Anda. Itu karena menahan buang air dapat memperburuk kondisi rahim Anda sehingga menyebabkan kontraksi. Menahan kencing juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK), selain itu juga dapat mendatangkan kontraksi prematur. (Baca juga: Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih)
    /

No comments:

Post a Comment