Tuesday 27 May 2014

Manfaat Khasiat Mengolah Daun Dewa Untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Mengolah Daun Dewa Untuk Kesehatan - Tahukan Anda bahwa daun dewa memiliki manfaat dan khasiat di bidang kesehatan khususnya dalam mengobati berbagai penyakit? Artikel kali ini akan membahas apa sajakah manfaat dan khasiat tersebut beserta cara pengolahannya. Yuk simak!

Daun dewa adalah tumbuhan semak tegak sekitar 50 cm. Sering ditanam di halaman sebagai tanaman obat. Daunnya tunggal bertangkai, berbentuk oval bulat dan ujungnya lancip dan berkumpul di bawah. Panjangnya sekitar 20 cm dan lebar 10 cm. Kedua permukaan daun berbulu, bagian bawahnya lebih muda daripada bagian atas. Bunganya berwarna kuning berbentuk kepala bunga terletak di ujung batang. Tanaman ini berumbi dengan diameter 3 cm.

Manfaat Dan Khasiat Daun Dewa Di Bidang Kesehatan Beserta Cara Pengolahannya



daun dewa manfaat khasiat kesehatan cara mengolah pengolahan tips apa saja tanaman tumbuhan

Manfaat Khasiat Mengolah Daun Dewa Untuk Kesehatan


Suku: Asteracaea

Kandungan & manfaat: Flavonoid, saponin, minyak atsiri. Berindikasi menurunkan kadar kolesterol darah. Minyak atsiridapat merangsang sirkulasi darah. Juga bersifat analgenik dan antiinflamasi. Minyak atsiri dan flavonoid mungkin bersifat antiseptik.

Kegunaan:
  • Menyembuhkan luka terpukul:

    15 - 30 g daun dewa dicuci, direbus atau ditumbuk, diambil airnya. Campur dengan arak yang sudah dipanaskan, lalu diminum.

  • Mencegah sakit jantung:

    30 g daun dewa segar dan 15 helai daun dewa yang kering dicuci, direbus dengan 0.5 l air hingga tersisa setengahnya. Minum 2x sehari.

  • Menyembuhkan rematik:

    15 - 30 g daun dewa segar direbus, lalu dilumatkan, diperas dengan diberi sedikit air, lalu diminum.

  • Menghilangkan kutil:

    5 helai daun dewa dicuci, dilumatkan dan diborehkan pada tempat berkutil. Balut erat, sampai esok harinya.

No comments:

Post a Comment