Wednesday 28 May 2014

Manfaat Khasiat Mengolah Daun Jintan Untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Mengolah Daun Jintan Untuk Kesehatan - Daun jintan juga disebut Coleus amboinicus Lour. Daun jintan bentuknya lonjong bergerigi dan tebal. Warnanya hijau muda. Ukurannya kira-kira 4 x 5 cm. Karena tebal, daun jintan juga suka disebut "daun tebal". Entah kenapa, sebagian orang di Jawa menyebutnya "daun kucing". Batangnya lunak beruas-ruas dan bisa disetek. Di pot pun ia bisa tumbuh dengan baik.

Walaupun namanya daun jintan, ia bukan berasal dari tanaman jintan hitam (Nigella sativa L.) atau jintan putih (Cuminum cyminum L.) ataupun jintan manis (Pimpinella anisum L.). Yang dipakai dari tanaman ini adalah daunnya, bukan bijinya.

Khasiat Daun Jintan Di Bidang Kesehatan Dan Cara Pengolahannya



daun jintan manfaat khasait kesehatan cara mengolah pengolahan tanaman tumbuhan apa saja

Manfaat Khasiat Mengolah Daun Jintan Untuk Kesehatan


Suku: Lamiaceae

Kandungan & manfaat: Daun jintan mengandung minyak atsiri yang selain memberinya khasiat juga membuatnya terasa pedas. Daun jintan bersifat menawarkan nyeri dan membersihkan darah.

Kegunaan:
  • Mengobati batuk:

    7 helai daun jintan dicuci, direbus dengan segelas air sampai tinggal setengahnya. Diminum pagi hari dan diulangi sore hari selama kira-kira dua minggu.
  • Menghilangkan perut kembung:

    7 helai daun jintan dicuci, lalu dikunyah-kunyah dan airnya ditelan.
     
  • Menyembuhkan sariawan:

    7 helai daun jintan dicuci, lalu dikunyah-kunyah agar cairannya mengenai bagian yang sariawan. Ampasnya jangan ditelan.
     
  • Mengobati bayi yang sering muntah:

    Jika bayi sering muntah setelah menyusu dari Ibunya, sering dikatakan "air susu ibunya amis". Sang ibu sebaiknya mengunyah 7 helai daun jintan yang dicuci dulu. Airnya telan.

No comments:

Post a Comment