Wednesday 28 May 2014

Manfaat Khasiat Mengolah Delima Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Mengolah Delima Putih Untuk Kesehatan -  Artikel kali ini akan membahas tentang Manfaat Khasiat Mengolah Delima Putih Untuk Kesehatan. Tahukah Anda apa Manfaat Khasiat Mengolah Delima Putih Untuk Kesehatan?

Delima putih, tanaman perdu berbatang kayu ini tingginya bisa mencapai 5 cm. Daunnya lonjong, kecil-kecil, berwarna hijau, bertepi rata. Bunganya berwarna putih. Buahnya yang bergaris tengah kira-kira 10 cm, berwarna hijau kekuningan.

Khasiat Delima Putih Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya



delima putih buah manfaat khasait kesehatan cara mengolah pengolahan tanaman tumbuhan apa saja tips

Manfaat Khasiat Mengolah Delima Putih Untuk Kesehatan


Suku: Punicaceae

Kandungan & manfaat: Delima putih mampu membunuh cacing pita dan bakteri karena mengandung punisin dan tanin. Selain itu, menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa mual, batuk, membunuh kuman.

Kegunaan:
  • Mengobati sariawan: 

    1 - 2 buah delima segar diambil bijinya, lalu tumbuk hingga hancur. Rendam selama 2 hari, kemudian gunakan airnya untuk berkumur.
  • Menghilangkan keputihan:

    30 g kulit delima kering direbus dengan 1 l air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, diminum. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
  • Mengobati cacingan pada anak-anak:

    1 jari akar delima, 1 rimpang temu giring direbus dengan 1 l air sampai airnya tinggal setengah. Minumlah ramuan ini setiap hari 1 gelas sebelum sarapan.
     
  • Mengobati diare:

    2 buah delima dibuang kulitnya. Panggang sampai kering. Tumbuk sampai menjadi menjadi bubuk. Untuk sekali minum dipakai 1 sendok makan bubuk tsb. yang diseduh dengan air panas. Minum ramuan ini 3x sehari.
  • Mengobati muntaber pada anak:

    Haluskan 1 buah pala, 5 jintan, 5 cm kulit delima, dan sedikit jahe. Setelah halus, tambahkan 1 sendok teh santan kental dan 1 sendok teh minyak kayu putih. Balurkan pada perut dan dada bayi.
     
  • Menurunkan berat badan:

    2 genggam daun delima muda diremas-remas sambil diberi 1 gelas air matang dan sedikit garam. Peras, diminum 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.
     
  • Mengobati gangguan pencernaan:

    50 g daun delima segar diseduh dengan air secukupnya. Minum selagi hangat.
     
  • Mengobati perut kembung:

    5 helai daun delima kering diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah agak dingin, diminum. Ulangi 3x sehari.
     
  • Mencegah masuk angin:

    Seduh daun teh dan 10 helai daun delima dengan segelas air. Minum selagi hangat. Lakukan 2x sehari masing-masing 1 gelas.

No comments:

Post a Comment