Friday 30 May 2014

Manfaat Khasiat Mengolah Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Mengolah Jahe Untuk Kesehatan - Artikel ini akan membahas tentang Manfaat Khasiat Mengolah Jahe Untuk Kesehatan. Tahukan Anda apa Manfaat Khasiat Mengolah Jahe Untuk Kesehatan?

Jahe adalah tumbuhan semak berbatang semu yang tingginya bisa mencapai 30 - 1 m. Berdaun tunggal, berbentuk lancet dengan panjang antara 15 - 28 mm. Rimpang bagian dalam berwarna kuning. Tanaman yang menyukai sinar matahari ini hidup di daerah tropis dan subtropis. Akarnya akar serabus.

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya


jahe khasiat manfaat kesehatan cara mengolah pengolahan tips tanaman tumbuhan apa saja


Manfaat Khasiat Mengolah Jahe Untuk Kesehatan


Suku: Zingiberaceae

Kandungan & manfaat: Pedas sehingga menghangatkan tubuh dan mengeluarkan keringat. Minyak atsiri bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, antiinflamasi dan antibakteri.

Kegunaan:
  • Mengobati masuk angin:

    Seibu jari jahe tua dicuci, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air dan beri sedikit gula aren. Didihkan sekitar 1/4 jam lalu saring. Minum hangat-hangat.
     
  • Menghilangkan batuk:

    Seibu jari jahe dicuci, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, Minum air rebusan tersebut sekaligus.
     
  • Menyembuhkan sakit kepala/migrain:

    Seibu jari jahe dicuci, dibakar, dan dimemarkan. Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren. Minum airnya sekaligus.
     
  • Mengobati rematik, nyeri pinggang, nyeri punggung:

    Tumbuk rimpang jahe yang sudah dicuci, lalu beri sedikit eau de cologne. Gosokkan ke bagian yang sakit.
     
  • Mengeluarkan gas dari perut:

    Saibu jari rimpang jahe dicuci dan diiris-iris, lalu direbus dengan segelas air. Tunggu sampai agak dingin. Minum air rebusan tsb. sekaligus.
     
  • Mengobati mabuk perjalanan:

    Sama dengan resep untuk mengeluarkan gas dari perut.
     
  • Menghilangkan mual:

    Cuci dan memarkan seibu jari jahe, seduh dengan segelas air. Beri sedikit asam jawa dan gula batu. Aduk, saring, lalu minum sekaligus.
  • Mengobati eksem:

    Seibu jari rimpang jahe diparut, lalu diperas. Parut juga sebuah lobak. Campurkan parutan lobak dengan air perasan jahe dan tambahkan sedikit air hangat. Tempelkan pada bagian yang terkena eksem.
     
  • Mengobati panu:

    Tumbuk 2 ruas jahe dan segenggam daun turi yang sudah dicuci bersih. Balurkan ramuan tsb. pada kulit yang berpanu.
     
  • Mengobati terkilir:

    2 ruas jahe diparut lalu tambahkan sedikit garam. Balurkan ramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan 2x sehari.
     
  • Menyembuhkan vitiligo (bercak putih karena kehilangan pigmen):

    30 g jahe dibersihkan lalu dibuat jus. Bubuhkan jus tsb. pada kulit yang menderita vitiligo.
     
  • Mengobati borok:

    Seibu jari jahe rimpang dicuci lalu diparut. Gunakan parutan itu untuk mengompres luka.
  • Mengobati gigitan ular:

    Lumatkan seibu jari rimpang jahe yang sudah dicuci. Beri sedikit garam. Tempelkan pada luka bekas gigitan ular dan segera bawa ke dokter.
  • Menghilangkan gatal karena gigitan serangga:

    Lumatkan jahe yang sudah dicuci. Gosokkan pada bagian yang gatal.
  • Mengobati penyakit cacing gelang:

    60 g jahe segar dicuci lalu dilumatkan dan diberi segelas air. Saring, beri 1 sendok makan madu. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

Demikianlah artikel berjudul Manfaat Khasiat Mengolah Jahe Untuk Kesehatan. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Manfaat Khasiat Mengolah Jahe Untuk Kesehatan. Semoga Manfaat Khasiat Mengolah Jahe Untuk Kesehatan bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga:

Manfaat Khasiat Mengolah Delima Putih Untuk Kesehatan 

1 comment:

  1. Jual Kambing Betina Jawa Randu, Etawa dan Kambing Kacang Bunting Kawin dengan Pejantan kambing Boer Super Fullblood hanya 2 juta 500 ribu sudah dapat anak kambing Boer F1 Super + Bonus kambing Betina indukan. Hub. Bpk Heru"Bejo Utomo Farm" Malang - Jawa Timur Hp/Wa 081334272800 website di www.malangkambingdombasuper.blogspot.com

    ReplyDelete