Friday 30 May 2014

Manfaat Khasiat Mengolah Jambu Klutuk Untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Mengolah Jambu Klutuk Untuk Kesehatan - Artikel kali ini akan membahas tentang Manfaat Khasiat Mengolah Jambu Klutuk Untuk Kesehatan. Tahukah anda apa Manfaat Khasiat Mengolah Jambu Klutuk Untuk Kesehatan?

Jambu klutuk sering pula disebut jambu biji. Tanaman perdu ini memiliki banyak cabang dan ranting. Batangnya keras. Bunganya kecil-kecil, berwarna putih. Buahnya yang sudah masak berwarna hijau kekuningan, sedangkan daging buahnya mengandung banyak biji.

Khasiat Jambu Klutuk Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya



jambu klutuk khasiat manfaat kesehatan cara mengolah pengolahan tips apa saja tanaman tumbuhan

Manfaat Khasiat Mengolah Jambu Klutuk Untuk Kesehatan


Suku: Murtaceae

Kandungan & manfaaat: Daun jambu klutuk mengandung tanin yang bersifat astrigent yang bermanfaat sebagai antidiare. Selain itu, juga mengurangi kontradiksi usus sehingga menghentikan diare. Daunnya mengandung minyak atsiri yang antara lain zat avikularin dan guaijaverin yang sifatnya antibakteri. Buah jambu klutuk banyak mengandung vitamin C sehingga membantu penyembuhan penyakit. Kandungan pektinnya dapat menurunkan kolesterol.

Kegunaan:
  • Mengobati diare:

    6 helai daun jambu klutuk dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang. Peras. Airnya diminum. Ramuan ini cukup untuk diminum 2x sehari.
     
  • Mengobati sakit maag:

    8 helai daun jambu klutuk dicuci. Rebus dengan 1,5 l air. Air rebusan ini untuk diminum 3x sehari.
     
  • Menyembuhkan luka:

    3 pucuk daun jambu klutuk dicuci lalu dikunyah sampai lumat. Tempelkan lumatan tsb. pada luka. Kandungan astrigent pada jambu klutuk mampu menghentikan pendarahan.
     
  • Mengobati sariawan:

    Segenggam daun jambu klutuk dan 1 jari kulit batang daun jambu klutuk dicuci, lalu direbus dengan 1 l air. Saring. Tunggu agak dingin lalu diminum sekaligus.
     
  • Menghilangkan keputihan:

    2 genggam daun muda jambu klutuk dan 7 helai daun sirih dicuci, direbus dengan segelas air. Saring. Tunggu agak dingin baru diminum. Ramuan ini cukup untuk 2x sehari.
     
  • Menghilangkan perut kembung pada anak:

    3 helai daun jambu klutuk, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 3x sehari. Anak dibawah 3 tahun 1 sendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan.
     
  • Mengobati sakit kulit:

    Segenggam daun muda jambu klutuk, 7 kuntum bunga jambu klutuk dicuci, dilumatkan sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit.
     
  • Mengobati diabetes:

    1 buah jambu klutuk yang setengah masak dicuci, dibelah-belah lalu direbus dengan 1 l air. Air rebusannya untuk diminum 2x sehari.
     
  • Mengobati beser (sering buang air kecil):

    3 pucuk daun jambu klutuk dicuci, dilalap dengan sedikit garam dan sedikit merica, dimakan setiap siang dan malam selama 2 hari.

No comments:

Post a Comment