Thursday 4 December 2014

5 Cara Merawat Gejala Menopause Secara Alami Tanpa Obat

5 Cara Merawat Gejala Menopause Secara Alami Tanpa Obat - Setiap wanita pasti akan mengalami fase menopause dalam hidupnya. Ini sudah merupakan hal wajar dan kodrat dari Sang Pencipta. Menopause diartikan sebagai berhentinya tubuh seorang wanita untuk bereproduksi. Dengan kata lain, menopause adalah masa kehidupan seorang wanita ketika berhenti menstruasi.
Menopause adalah proses biologis alami dan bisa terjadi di usia 40-an atau 50-an. Ketika wanita mengalami menopause, sangat mungkin seorang wanita tersebut mengalami hal yang tidak menyenangkan. Ketika waktu awal terjadi menopause, hormon dalam tubuh akan sangat berfluktuatif. Tentu saja ini menimbulkan beberapa efek samping seperti hot flushes, perubahan mood dengan cepat, perubahan berat badan, depresi, insomnia, sakit kepala, dan lain lain.

Menjalani menopause memang bukan sesuatu yang mudah bagi seorang wanita. Dibutuhkan waktu untuk membuat tubuh merasa terbiasa dengan hal-hal yang berubah pada tubuhnya. Nah, untuk itu, berikut adalah solusi alami untuk meringankan efek samping yang tidak menyenangkan dari menopause:

Tips Meringankan Efek Samping Tidak Menyenangkan Dari Menopause


cara merawat gejala menopause alami tips efek samping meringankan tidak menyenangkan merawat tanpa obat

5 Cara Merawat Gejala Menopause Secara Alami Tanpa Obat


  • Terapkan Pola Makan Sehat:

    Menerapkan pola makan yang sehat merupakan hal yang paling penting untuk mengurangi efek samping akibat menopause. Banyak-banyaklah makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Batasi konsumsi terhadap alkohol, kopi dan minuman berkafein lainnya karena kafein dapat membuat muka semakin memerah (hot flushes). Dan juga kurangi makanan berlemak dan yang mengandung gula tinggi.
  • Rajinlah Olahraga:

    Penelitian menunjukkan bahwa dengan berolahraga, efek samping karena menopause dapat teratasi. Misalnya berkurangnya hot flushes dan Anda pun menjadi bertemperamen sejuk.
  • Lakukan Yoga atau Meditasi:

    Dengan latihan yoga dapat membantu Anda mengurangi hot flushes yang terjadi pada diri Anda akibat menopause.
  • Konsumsi Asam Lemak Omega-3:

    Menurut peneliti, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat membantu merubah mood menjadi menyenangkan.  Selain itu, asam lemak omega-3 juga disebut dapat membantu melawan penyakit jantung.
     
  • Konsumsi Vitamin D:

    Semakin bertambahnya usia, tubuh semakin lemah untuk melakukan fungsi-fungsinya. Demikian juga, lemah untuk menyerap vitamin D. Ini adalah hal yang berbahaya jika dibiarkan begitu saja karena tulang akan keropos.  Untuk itu, tambahkan asupan vitamin D Anda. Selain bagus untuk tulang, vitamin D juga mampu menjaga keseimbangan hormon. Apalagi hormon ketika menopause sangat fluktuatif.

No comments:

Post a Comment