Friday 12 December 2014

Agar Si Kecil Tidak Sakit Saat Musim Hujan

Agar Si Kecil Tidak Sakit Saat Musim Hujan -  Angin sejuk dan hujan datang untuk menyejukkan udara setelah musim musim panas. Dan juga menghapus panas yang telah terjadi selama musim panas. Banyak orang yang menantikan musim hujan. Terutama para petani. Banyak orang yang menyukai musim hujan karena ketika musim hujan, semua aktivitas kebersaan menjadi lebih hangat dan tidak terlupakan.

Musim hujan memang menyenangkan karena tidak ada lagi panas yang menyengat kulit. Namun, musim hujan juga membawa kelembaban terus-menerus, nyamuk, penyakit, dan lain-lain yang pada gilirannya dapat memberikan rasa kecemasan dan kekhawatiran yang besar terlebih pada kesehatan anak Anda.

Untuk itulah Anda perlu untuk memberikan perhatian-perhatian yang lebih Agar Si Kecil Tidak Sakit Saat Musim Hujan. Perhatian-perhatian yang Anda berikan tentu dapat mencegah anak Anda dari penyakit yang umum terjadi pada musim hujan. Dengan demikian anak Anda akan tetap sehat selama musim hujan berlangsung. Nah, Agar Si Kecil Tidak Sakit Saat Musim Hujan berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjaga anak Anda tetap sehat selama musim hujan:

Cara Menjaga Si Kecil Sehat Selama Musim Hujan


cara menjaga anak sehat musim hujan kecil selama tidak sakit saat

 Agar Si Kecil Tidak Sakit Saat Musim Hujan

.

Kebersihan: 

Musim hujan membawa banyak resiko akan pertumbuhan bakteri dan jamur. Untuk itu, hal pertama yang harus diperhatikan dulu adalah kebersihan. Jaga kamar Anda dan lingkungan sekitarny tetap bersih dan kering.
 .
Kelembaban membuat anak Anda menjadi berkeringat lebih banyak sehingga dapat menyebabkan infeksi jamur, ruam pada kulit dan alergi. Pastikan anak Anda mandi minimal dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes disinfektan pada bak mandi Anda.

Bersihkan dengan air pada tangan Anda dan bayi Anda setelah mengganti popok dan setelah anak Anda makan untuk mencegah penyakit. Potong kuku anak Anda agar tetap pendek untuk membuat anak Anda tetap bersih, sehat dan tercegah dari penyakit.
.

Makanan dan Minuman: 

Berikan makanan yang hangat untuk anak Anda. Pastikan air yang anak Anda minum adalah air matang atau air yang telah tersaring dengan baik. Ketika anak Anda pergi keluar, sebaiknya bawakanlah botol air dari rumah. Jangan biarkan anak Anda mengonsumsi makanan, jus buah dan minuman es di luar. Larangan ini bukan hanya untuk anak-anak, tetapi orang dewasa juga harus menghindari makanan di luar selama musim hujan.

Jika Anda memiliki bayi yang meminum susu formula, selalu gunakanlah air yang telah direbus dan didinginkan. Dan jika bayi Anda meminum ASI, tetap susui bayi Anda. ASI akan memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi serta membantu melindunginya dari penyakit. ASI mengandung antibodi yang melindungi bayi Anda tetap kuat dan sehat.

Dan juga, pastikan anak Anda minum banyak air matang untuk mencegah dehidrasi.
.

Pakaian:

Selama musim yang lembab ini, pastikan pakaian anak Anda terbuat dari katun yang longgar agar mudah menyerap keringat dan agar kulitnya bisa bernafas. Hindari pakaian yang berbahan sintetis dan nilon.

Pastikan bahwa anak Anda tidak mengenakan pakaian basah karena mengenakan pakaian basah dapat menyebabkan infeksi jamur. Pakaian yang basah meskipun sedikit juga dapat menyebabkan flu. Jaga kulit anak Anda tetap kering untuk mencegah biang keringat.

Pada waktu siang hari, pakaian anak Anda pakaian yang berlengan panjang untuk menghindari gigitan nyamuk. Dan jika anak Anda pergi ke sekolah, pastikan bahwa jas hujan, tas sekolah, sepatu, kaus kaki dan barang-barang lainnya tetap kering dan bersih.
.

Hindari Nyamuk: 

Musim hujan membawa banyak penyakit. Untuk itulah, jaga rumah dan lingkungan Anda tetap bersih untuk menghindari anak Anda dari penyakit yang dibawa nyamuk seperti demam berdarah, malaria atau chikungunya. Berikan obat nyamuk/krim pada kulit bayi Anda atau gunakan kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk.

No comments:

Post a Comment