Friday 26 December 2014

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya - Lidah buaya atau Aloe vera L. tumbuh liar di tempat berudara panas tapi sering juga ditanam di pot dan pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Daunnya meruncing berbentuk taji. Tebalnya kira-kira 1 cm. Dalamnya bening. Daun ini getas dan tepinya bergerigi. Panjangnya bisa sampai 30 cm. Yang biasa digunakan adalah daun dan akarnya.

Suku: Liliaceae

Kandungan & Manfaat: Lidah buaya mengandung saponin yang mempunyai kemampuan membunuh kuman, serta senyawa antrakuinon dan kuinon sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit. Ia juga merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam gel lidah buaya terkandung lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Sehingga gel akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Akibatnya, kulit menjadi tidak cepat kering.

Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Serta Cara Pengolahannya


lidah buaya aloe vera manfaat khasiat kesehatan kecantikan cara mengolah pengolahan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya


Kegunaan Dan Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan:


  1. Menyembuhkan Cacingan Dan Buang Air Kecil:

    Akar lidah buaya dicuci dan dijemur sampai kering. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum sekaligus.
     /
  2. Menyembuhkan Ambeien:

    1/2 batang daun lidah buaya dibuang duri-durinya, dicuci lalu diparut. Beri 1/2 gelas air. Peras. Beri 2 sendok makan madu. Minum 3x sehari.
    /
  3. Menyembuhkan Sembelit:

    1/2 batang daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong kecil-kecil. Seduh dengan 1/2 gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Hangat-hangat dimakan 2x sehari.
    /
  4. Penyubur Rambut:

    Daun lidah buaya dicuci, dikupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.
    /
  5. Menyembuhkan Luka Bakar/Tersiram Air Panas (Ringan):

    Daun lidah buaya dicuci, dikupas, dan dilumatkan. Tempelkan bagian dalamnya pada bagian yang terkena api/air panas.
    /
  6. Menyembuhkan Bisul:

    Daun lidah buaya dicuci, dikupas, dan dilumatkan. Beri sedikit garam. Tempelkan pada bisul.
    /
  7. Menghilangkan Jerawat Dan Noda-Noda Hitam:

    Daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya diblender. Seperlima gelas cairan diaduk dengan tepung beras (bedak) dingin sampai kental. Aduk rata dan laburkan ke wajah. Biarkan selama 30 menit, baru dibilas.
    /
  8. Menyembuhkan Ambeien:

    1/2 batang daun lidah buaya dicuci, dibuang geriginya lalu diparut. Beri 1/2 gelas air matang dan 2 sendok makan madu. Aduk, saring/ Minum 3x sehari.
    /
  9. Menyembuhkan Batuk Yang Membandel:

    20 g daun lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong.  Beri 2 sendok makan madu murni. Minum 2x sehari. Ulangi selama 10 hari.
    /
  10. Menyembuhkan Diabetes:

    2 daun lidah buaya, dicuci, dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air. Saring. Minum 2-3x sehari, sesudah makan. Sekali minum 1/2 gelas.
    /
  11. Menyembuhkan Radang Tenggorokan:

    1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Beri madu murni dan minum 3x sehari.
    /
  12. Menurunkan Kolesterol:

    30 g daging lidah buaya, 1 buah apel dikupas/buang biji, blender.

Catatan:

  • Jangan digunakan oleh wanita hamil.
  • Daging daun lidah buaya yang dikupas, segera menjadi kecoklatan dan mencair kalau kena udara. Jadi, pengobatan luka terbuka perlu dilakukan secepatnya!

No comments:

Post a Comment