Friday 26 December 2014

Manfaat Melati Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Melati Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya - Melati sebetulnya tanaman perdu berkayu, tapi tingginya bisa mencapai 3 m dan termasuk bisa memanjat pada pagar atau tanaman lain. Bunganya putih bersih, bergaris tengah kira-kira 3 cm dan wangi.

Suku: Oleaceae

Kandungan & Manfaat: Melati mengandung jasmon, sejenis keton: metil-pentenil-siklopentenon yang enak baunya. Keton ini juga bersifat menyejukkan sampai mampu menurunkan suhu badan yang sedang demam. Selain itu, menenangkan urat saraf bila dipakai untuk mengurut. Ia juga memiliki kandungan kimia indol, benzyl, livalylacetaat.

Khasiat Melati Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya


melati bunga manfaat kesehatan khasiat cara mengolah pengolahan

Manfaat Melati Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya


Kegunaan Dan Cara Mengolah Melati Untuk Kesehatan:


  1. Menghilangkan Bau Badan:

    30 kuntum bunga melati, cuci, masukkan ke dalam gelas berisi air matang, tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil, embunkan selama semalam. Minum setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.
     /
  2. Menyembuhkan Demam Dan Sakit Kepala:

    Segenggam daun melati muda, 10 bunga melati dicuci, diremas, diberi sedikit air sampai menjadi bubur. Borehkan pada kening dan dada penderita.
    /
  3. Menyembuhkan Bengkak Akibat Gigitan Serangga:

    Segenggam bunga melati atau daunnya dicuci, diremas sampai hancur. Tempelkan pada bagian yang digigit atau disengat.
    /
  4. Menyembuhkan Jerawat:

    20 kuntum melati, 2 jari asam kawak, seibu jari belerang dicuci, ditumbuk halus. Peras. Beri 2 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan pada bagian wajah yang berjerawat 2x sehari.
    /
  5. Menghentikan ASI:

    Segenggam bunga melati dicuci, diremas sampai halus. Lalu ditapalkan oada buah dada (jangan kena puting). Lakukan ini setiap pagi dan sore sebelum mandi selama seminggu.
    /
  6. Menyembuhkan Susah Tidur:

    10 cm akar melati dicuci, ditumbuk. Beri air masak segelas. Saring. Minum airnya.
    /
  7. Menyembuhkan Sakit Mata Merah Dan Belekan:

    Segenggam daun boleh juga bunga melati dicuci, direbus. Minum sebagian air rebusan. Sebagian lagi gunakan untuk mencuci mata yang sakit.
 

No comments:

Post a Comment