Friday 20 February 2015

Tips Mencegah Infeksi Jamur Pada Kulit Selama Musim Hujan

Tips Mencegah Infeksi Jamur Pada Kulit Selama Musim Hujan - Bermain air hujan, sengaja terkena air hujan mungkin menyenangkan karena dapat menghilangkan gerah pada tubuh. Tetapi air hujan juga dapat menyebabkan masalah kulit yang membuat kulit gatal. Obat-obatan memang bisa menghilangkan rasa gatal, tetapi Anda sebaiknya mulai dengan melakukan pencegahan. 
Salah satu cara pencegahan penyakit kulit adalah dengan mengenakan pakaian yang tepat. Abhay Talathi dari Skin Space Clinic di Mumbai, India, mengatakan infeksi jamur, gigitan atau sengatan serangga, dan alergi adalah penyebab umum gatal-gatal pada kulit. Abhay Talathi juga menyarankan untuk minum obat sesuai penyebabnya.

Yuk, Cegah Infeksi Jamur Pada Kulit Ketika Musim Hujan Dengan Cara Ini!


infeksi jamur kulit musim hujan tips mencegah cara tips

Tips Mencegah Infeksi Jamur Pada Kulit Selama Musim Hujan

"Jika seseorang memiliki infeksi jamur, maka obat anti jamur (tablet dan krim) dapat digunakan. Tablet atau lotion anti-alergi seperti Caladryl dapat digunakan dalam kasus gatal adalah alergi, " kata Talathi.

Infeksi jamur dapat disebabkan karena kelembaban, mengenakan denim basah untuk waktu yang lama dan gesekan konstan terhadap kulit.

"Ada dua jenis infeksi jamur. Yang pertama infeksi kurap yang dimulai dengan tanda kecil yang menyebar dan berbentuk lingkaran. Kurap biasanya terjadi pada telapak kaki, ketiak dan belakang telinga. Yang kedua adalah pityriasis. Pityriasis berupa tanda berwarna putih atau hitam di lengan, dada atau punggung," jelasnya.

Talathi mengatakan bahwa pasien diabetes lebih rentan terhadap infeksi tersebut. Tapi disarankan agar setiap orang juga tindakan pencegahan.

Dia menyarankan untuk mengenakan pakaian kering dan setelah mandi, pastikan untuk mengeringkan diri sepenuhnya sebelum mengenakan pakaian. Bedak juga dapat digunakan untuk menghindari infeksi jamur, dan pakailah pakaian lengan panjang untuk melindungi tubuh dari gigitan atau sengatan serangga. Dalam kasus gatal parah, yang terbaik adalah pergi ke dokter.

Navin Taneja, direktur National Skin Centre, mengatakan ruam-ruam pada kulit juga terjadi selama musim hujan.
"Ruam-ruam panas yang berupa jerawat merah sangat umum terjadi ketika cuaca panas dan lembab. Jenis cuaca menyebabkan berkeringat, tapi menyumbat pori-pori kulit sehingga tidak memungkinkan keringat untuk keluar, akan menghasil ruam-ruam," kata Taneja.

Taneja menyarankan solusi sederhana yaitu mengenakan pakaian dari kapas atau linen yang longgar. Untuk mengurangi gatal, Anda juga dapat menggunakan calamine lotion.

Taneja mengatakan bahwa paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan ruam dan luka bakar yang menghasilkan ruam merah, bersisik, dan gatal pada kulit.

"Alih-alih sabun, gunakan pembersih buatan sendiri yang menjamin pembersihan pori yang mendalam untuk membasuh semua kotoran. Gunakan toner yang dibuat dari daun hijau atau air mawar ketimbang toner berbasis alkohol. Lidah buaya adalah bahan pengawet yang bermanfaat untuk penyakit kulit yang disebabkan oleh hujan. Lidah buaya dapat memurnikan darah," katanya.
"Gunakan tabir surya setengah jam sebelum keluar rumah. Dan mandilah setiap kali setelah terkena air hujan," tambahnya.

No comments:

Post a Comment