Saturday 21 February 2015

Cara Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat

Cara Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat - Ginjal sangat penting dalam sistem tubuh dan melayani tubuh sebagai filter alami darah. Ginjal menghilangkan limbah dan cairan berlebih sehingga membersihkan darah dalam tubuh. Ginjal mempertahankan keseimbangan garam dan mineral dalam darah dan membantu mengatur tekanan darah.

Merawat ginjal dengan baik akan membantu Anda untuk dalam merawat seluruh tubuh Anda. Ginjal adalah dua organ kecil yang terletak di bagian belakang rongga perut di retroperitoneum. Ginjal  melakukan beberapa peran penting yang mendukung kehidupan. Ya, ginjal memang salah satu organ vital manusia.

Oleh karena itu, merawat ginjal sangat penting karena jika ginjal menjadi rusak, produk-produk limbah dan cairan limbah bisa berkumpul di dalam tubuh dan dapat menyebabkan beberapa penyakit yang mengarah ke kondisi kesehatan yang fatal di kemudian hari. Untuk lebih detailnya, baca Cara Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat berikut:

Tips Merawat Ginjal Agar Sehat Selalu


cara ginjal merawat sehat selalu penyakit ginjal kronis menjaga tips

Cara Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat


Penyakit ginjal kronis (Chronic Kidney Desease) juga dikenal sebagai penyakit ginjal kronis berbahaya dan ditandai oleh hilangnya fungsi ginjal stabil dari waktu ke waktu.

Penyakit ginjal kronis (Chronic Kidney Desease) diklasifikasikan ke dalam lima tahap dengan tahap 1 yang paling ringan dan biasanya menyebabkan sedikit gejala dan tahap 5 adalah penyakit parah dengan harapan hidup yang buruk jika tidak diobati. Tahap terakhir ini juga disebut penyakit ginjal tahap akhir  (End Stage Renal Disease) atau gagal ginjal tahap akhir (End Stage Renal Failure) dimana pasien memerlukan dialisis atau transplantasi untuk tetap hidup.

Penyebab paling umum dari penyakit ginjal kronis adalah diabetes, penyakit jantung, hipertensi dan riwayat keluarga gagal ginjal. Risiko lainnya meliputi: obesitas, penyakit autoimun, infeksi saluran kemih dan infeksi sistemik.

National Kidney Foundation of India, sebuah LSM, mengatakan peringkat penyakit ginjal adalah yang ketiga di antara penyakit yang mengancam hidup (setelah kanker dan jantung penyakit).

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga ginjal Anda sehat:

  • Ikuti diet sehat dengan memilih makanan yang sehat untuk jantung seperti buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, makanan susu rendah lemak, dan lain-lain.
      /
  • Jangan merokok.
    /
  • Batasi asupan alkohol Anda.
    /
  • Berolahraga secara teratur.
    /
  • Menjaga berat badan yang sehat untuk menghindari kelebihan berat badan.
    /
  • Mengurangi garam.
    /
  • Jaga tekanan darah dan kolesterol di bawah kontrol.
    /
  • Jangan terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit atau NSAID.
    /
  • Minum banyak air
    /
  • Carilah bantuan medis atau berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda berpikir Anda berada pada risiko untuk ginjal kronis.

Demikianlah artikel yang berjudul Cara Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat ini. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Cara Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat. Semoga Cara Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat menjadi bermanfaat bagi Anda semua. Dan bagikanlah Cara Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat kepada orang lain agar Cara Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat lebih bermanfaat bagi Anda semua.

Baca Juga:

Makan Sehat Dan Olahraga Demi Jantung Kuat
Hilangkan Insomnia Dengan Latihan Yoga
Rahasia Serena Williams Selalu Sehat Fit Saat Bertanding
7 Alasan Minyak Teh Dapat Mengobati Masalah Kulit Dan Rambut
Tips Mencegah Infeksi Jamur Pada Kulit Selama Musim Hujan

No comments:

Post a Comment