Sunday 30 November 2014

Pahami Demam Berdarah Yang Terjadi Pada Anak

Pahami Demam Berdarah Yang Terjadi Pada Anak - Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang cukup populer di negara berkembang seperti Indonesia. Sudah banyak orang yang mengalami penyakit demam berdarah. Sebagian adalah tertolong, namun ada juga beberapa yang sayangnya meninggal karena penyakit ini.

Penyakit demam berdarah adalah penyakit karena gigitan nyamuk tropis yang disebabkan oleh virus demam berdarah. Penyakit demam berdarah ditransmisikan oleh beberapa spesies nyamuk yang termasuk dalam genus Aedes, khususnya aegypty A. Penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypty terinfeksi oleh virus dengue.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara padat dan ringkas namun mencakup keseluruhan tentang penyakit demam berdarah ini khususnya yang terjadi pada anak-anak. Sebagai orang tua, Anda perlu untuk mengetahui dan memahami gejala demam berdarah agar bisa mengatasi penyakit ini sejak dini. Dan selain itu, akan dibahas pula cara menghindari dan mengobati penyakit demam berdarah ini. Jadi, simak Pahami Demam Berdarah Yang Terjadi Pada Anak baik-baik ya!

Mengetahui Cara Menangani Demam Berdarah Pada Anak


demam berdarah cara tips mengobati anak cepat mengetahui menangani pahami terjadi

Pahami Demam Berdarah Yang Terjadi Pada Anak


Gejala:

Gejala umum demam berdarah dapat berupa demam panas yang tinggi, hidung berair, batuk, sakit pada persendian dan belakang mata, ruam kulit ringan. Gejala yang terjadi pada setiap anak yang mengalami demam-berdarah bisa berbeda-beda. Kadang ada beberapa anak yang mengalami gejala berupa kulit mengalami ruam-ruam yang berwarna merah dan putih, diikuti nafsu makan turun, mual-mual, muntah-muntah, dan sebagainya.

Sedangkan beberapa anak-anak ada juga yang tidak mengalami gejala demam berdarah. Tentu ini sangat menyulitkan untuk mendeteksi demam berdarah secara dini. Gejala demam berdarah dapat terjadi setelah 2-7 hari.

Pengobatan:

Terkadang beberapa kasus demam berdarah ada yang menjadi penyakit sangat serius yang dimanakan dengue hemorrhagic fever (DHF). Perawatan DHF dapat berlangsung seumur hidup dan dapat berujung pada kematian.

Jadi, jika anak Anda mengalami gejala-gejala demam berdarah disebutkan diatas, segeralah untuk menemui dokter untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Untuk memastikan diagnosisnya, dokter akan memeriksa anak Anda, termasuk didalamnya memeriksa darah anak Anda.

Ketika itu akan diberikan pengobatan untuk gejala-gejala tersebut, namun pengobatan untuk demam berdarahnya belum bisa diberikan karena hasil diagnosa masih belum diketahui.

Pada kebanyakan kasus, dokter sementara hanya akan memberika paracetamol untuk menyembuhkan demam.

Untuk membuat anak Anda sembuh dengan cepat, berikanlah anak Anda makan makanan yang bernutrisi. Pastikan anak Anda mendapatkan istirahat tidur yang cukup. Biasanya memerlukan hingga sepuluh hari untuk sembuh dari demam berdarah. Namun jika anak Anda sering lemas dan capek, bisa saja waktu penyembuhannya memerlukan waktu hingga satu bulan.

Pencegahan:

Karena belum ada vaksin untuk melawan virus dengue, cara paling baik untuk melindungi anak-anak Anda dari penyakit demam berdarah untuk menghindari nyamuk penyebabnya yaitu dengan mencegah perkembiakan nyamuk Aedes aegypty:

  • Jaga rumah Anda dan lingkungan Anda agar tetap bersih untuk mencegah perkembiakan nyamuk
  • Pasang kelambu nyamuk pada sekeliling tempat tidur Anda agar nyamuk tidak bisa menyentuk Anda ketika Anda tidur.
  • Pastikan anak-anak Anda mengenakan baju berlengan panjang, celana panjang, dan kaos kaki
  • Gunakan obat oles anti nyamuk herbal kepada anak-anak Anda
  • Jangan bolehkan anak Anda keluar dari rumah ketika fajar dan senja hari karena waktu itu adalah waktu dimana nyamuk sangat aktif

Demikianlah artikel yang berjudul Pahami Demam Berdarah Yang Terjadi Pada Anak. Semoga artikel Pahami Demam Berdarah Yang Terjadi Pada Anak bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Pahami Demam Berdarah Yang Terjadi Pada Anak. Dan sebaiknya Anda membagikan Pahami Demam Berdarah Yang Terjadi Pada Anak kepada teman atau kerabat Anda yang membutuhkan.

Baca Juga:

Tips Untuk Tetap Sehat Saat Musim Hujan 

No comments:

Post a Comment