Sunday 30 November 2014

Tips Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

Tips Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat - Memiliki jantung yang sehat adalah cara untuk dapat hidup sehat. Pendapat itu sangat benar. Jantung termasuk salah satu organ vital yang sangat menunjang kehidupan pada seserorang. Kerja jantung sangat penting. Jantung tidak pernah beristirahat. Jadi, Anda harus menjaga kesehatan jantung Anda sebaik-baiknya.

Namun dengan memiliki gaya hidup yang kurang baik misalnya, mengonsumsi alkohol, memakan makanan junk food, bekerja keras yang terlalu diforsir dan stress tidak diinginkan yang memicu jantung bermasalah. Jadi, demi kesehatan jantung Anda, alangkah baiknya jika Anda menghindari hal-hal yang akan membahayakan jantung Anda. tentunya Anda masih ingin hidup bukan?

Jika Anda tidak tahu hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung Anda, Anda tidak perlu khawatir. Berikut akan dirangkum dengan apik tips apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjaga jantung Anda tetap sehat. Jadi simak baik-baik Tips Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat ya!

Cara Merawat Jantung Agar Tetap Sehat



jantung sehat tetap stabil detak tips cara merawat menjaga

Tips Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat


  • Hentikan Merokok

    Menghentikan merokok merupakan hal paling penting yang Anda lakukan untuk dapat hidup lebih lama. Perokok jelas lebih mudah untuk terkena serangan jantung ketimbang yang bukan perokok. Resiko terkena serangan jantung akan berkurang ketika Anda menghentikan kebiasaan merokok, dan beberapa hal pemicu serangan jantung.

  • Kurangi Garam

    Anda harus mengurangi mengonsumsi garam karena garam dapat menaikkan tekanan darah. Selain itu garam juga dapat meningkatkan resiko terkena masalah jantung koroner. Untuk itu, hindarilah makanan yang mengandung garam dalam jumlah banyak, misalnya keripik-keripik, kacang-kacang asin, snack dalam kaleng, sup kaleng, saus, dan makanan cepat saji. Bahkan sereal dan roti yang Anda konsumsi ketika sarapan mengandung garam yang tinggi juga.
    .
  • Lakukan Diet Sehat

    Melakukan diet sehat sangat penting untuk mengurangi resiko masalah jantung makin parah. Dan dengan melakukan diet sehat akan sangat membantu untuk pemulihan setelah mengalami serangan jantung. Masukkan sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, makanan yang mengandung zat tepung kedalam menu makanan Anda.
    .
  • Kurangi Alkohol

    Minum terlalu banyak alkohol tidak sehat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Dan selain itu, khususnya bagi jantung alkohol dapat membahayakan otot jantung. Lalu, alkohol juga dapat menaikkan tekanan darah dan membuat berat badan naik. Anda harus membatasi konsumsi alkohol karena alkohol dapat juga meningkatkan resiko terkena serangan jantung mendadak.
    . 
  • Bergerak Aktif

    Anda sebaiknya bergerak aktif secara fisik guna menjaga jantuk tetap sehat. Anda harus ingat bahwa jantung adalah sebuah otot. Jantung juga membutuhkan olahraga untuk menjaga otot jantung tetap fit. Dengan demikian jantung dapat memompa lebih efisien ke seluruh tubuh pada setiap detak jantung.
     .
  • Jaga Berat Badan

    Kelebihan berat badan atau obesitas dapat mempengaruhi fungsi jantung yang menyebabkan pada resiko terkena jantung koroner dan diabetes. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, Anda harus bisa mengontrol kelebihan berat badan Anda demi mengurangi resiko terkena serangan jantung.
    .
  • Rutin Check-Up

    Anda sebaiknya rutin memeriksa tekanan darah dan tingkat kolesterol Anda. Seseorang yang memiliki tekanan darah yang tinggi akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung. Usia harapan hidup seseorang yang memiliki tekanan darah yang tinggi juga lebih pendek. Tingkat kolesterol yang tinggi dapat pada darah dapat meningkatkan resiko terkena jantung koroner.
    .
  • Mengontrol Stress

    Terlalu stress tidak baik untuk kesehatan Anda. Orang-orang yang sering mengalami stress cenderung memilki masalah pada jantung mereka. Jika Anda memiliki masalah yang berat, cobalah untuk tenang dulu dan rileks. Mengontrol tingkat stress Anda adalah cara terbaik untuk kesehatan jantung Anda.

Demikianlah artikel yang berjudul Tips Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Tips Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat. Semoga  bermanfaat bagi Anda semua. Dan jangan lupa untuk membagikan Tips Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat  kepada teman atau kerabat Anda yang membutuhkan artikel ini.

Baca Juga:

Tips Untuk Tetap Sehat Saat Musim Hujan 

No comments:

Post a Comment