Monday 1 December 2014

Cara Mencegah Diabetes Pada Anak

Cara Mencegah Diabetes Pada Anak - Saat ini jumlah anak-anak yang terkena diabetes terus naik. Hal ini perlu mendapatkan perhatian yang besar. Banyak negara-negara berkembang seperti Indonesia dimana tingkat kekhawatiran dan kewaspadaan terhadap penyakit diabetes utamanya yang menyerang anak-anak masih sangat kurang.

Berita terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang masih dibawah usia 15 tahun sudah banyak yang terkena penyakit diabetes. Diantara sekian itu, ada anak-anak yang terkena penyakit diabetes tipe 1. Sedangkan yang lainnya, ada pula anak-anak yang menderita diabetes tipe 2. Jumlah anak-anak penderita diabetes tipe 2 lebih banyak ketimbang anak-anak penderita diabetes tipe 1.

Menurut dokter, anak-anak penderita diabetes tipe 1 sering kali terabaikan dan diperiksakan terlambat. Hal ini membuat diagnosa juga menjadi terlambat. Hal ini memicu tingkat diabetes pada anak-anak itu naik menjadi diabetes tipe 2. Dan juga faktor yang sangat mempengaruhi diabetes pada anak adalah obesitas yang dialami oleh anak.

Pada diabetes tipe 1, penyakit yang terjadi adalah penyakit autoimun dimana anak-anak menjadi ketergantungan asupan insulin dari luar. Sedangkan yang tipe 2 adalah resistensi insulin dan ini terlihat pada obesitas yang dialamin oleh anak dengan keturunan dari keluarganya yang dulu penderita diabetes.

Tips Pencegahan Diabetes Yang Terjadi Pada Anak


diabetes anak cara mencegah tips parenting sehat gula kadar

Cara Mencegah Diabetes Pada Anak


  • Pencegahan:

    Diabetes tipe 1 atau diabetes yang masih muda tidak dapat dicegah namun masih bisa diatasi dengan sangat baik. Orang tua dapat membantu anaknya mengurangi gejala-gejala diabetes karena dalam diabetes tipe 1 hanya meliputi pengontrolan gula dalam darah dan diet sehat.

    Diabetes tipe 2 dan gejala-gejalanya dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup atau gaya hidup yang sehat. Ingatlah, bahwa perubahan-perubahan kecil dapat membuat perubahan yang besar. Jadi meskipun penurunan berat badan yang sedikit atau merubah gaya hidup dapat membantu mengurangi resiko diabetes pada anak Anda.
    .
  • Makanan Sehat:

    Berikan anak Anda menu makan yang sehat dengan buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian dan batasi anak Anda dalam mengonsumsi fast food. Pilihlah makanan yang rendah lemah dan rendak kalori bagi anak Anda. Batasi minuman yang mengadung pemanis dan berikan saj air putih.

  • Aktivitas Fisik:

    Dorong anak Anda untuk menjadi aktif secara fisik. Remaja dan anak-anak sebaiknya melakukan aktivitas fisik minimal 60 menit setiap hari. Kurangilah jumlah waktu yang digunakan untuk melakukan aktivitas yang tidak banyak menggerakkan tubuh misalnya menonton televisi, bermain komputer, dan bermain video games. ini akan membantu untuk mengurangi resiko berat badan naik dan mencegah diabetes tipe 2.

  • Penuruna Berat Badan:

    Obesitas atau kegemukan dapat menaikkan resiko terkena diabetes. Selain dengan rutin berolahraga, Anda juga bisa bertanya kepada seorang konsultan diet yang terpercaya untuk menentukan berat badan ideal bagi anak Anda dan cara dietnya. Anak Anda memerlukan asupan kalori dan nurtisi yang cukup untuk pertumbuhannya dan kenaikan berat badan yang terlalu banyak harus dihindari dengan menerapkan pola diet yang sehat untuk mengurangi resiko anak Anda terkena diabeter tipe 2.

No comments:

Post a Comment