Monday 1 December 2014

Cara Orangtua Mencegah Obesitas Pada Anak

Cara Orangtua Mencegah Obesitas Pada Anak - Obesitas yang terjadi pada masa kanak-kanak adalah kondisi masalah kesehatan yang serius. Obesitas pada anak-anak dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan anak tersebut fikarenakan lemak yang terlalu banyak menumpuk pada tubuh anak.

Menurut data penelitian yang dilakukan oleh Amerika Serikat, perbandingan antara anak yang terkena obesitas dan anak yang tidak obesitas adalah satu banding lima. Berarti, setiap lima anak akan ada satu anak yang terkena obesitas. Namun, belakangan ini jumlah anak penderita obesitas terus naik. Jadi perbandingan tersebut akan bisa berubah.

Obesitas pada masa kanak-kanak dapat membuat anak-anak mempunyai resiko tumbuhnya masalah kesehatan yang serius di kehidupannya nanti. Misalnya: tekanan darah tinggi, diabetes, jantung bermasalah. Selain itu, dapat juga obesitas juga dapat menyebabkan depresi dan kepercayaan diri yang kurang atau rendah diri.

Kebiasaan-kebiasaan makan makanan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas untuk menggerakkan tubuh, dan gaya hidup yang jarang bergerak atau berpindah adalah penyebab utama terjadinya obesitas pada masa kanak-kanak, meskipun ada juga faktor lain penyebab obesitas pada masa kanak-kanak, seperti faktor genetik dan faktor hormon,

Gaya hidup orang tua memberikan akibat yang luar biasa besar pada anak-anak mereka karena anak-anak selalu mempelajari apa yang dilihatnya.  Dengan demikian, orang tua juga perlu untuk menerapkan gaya hidup yang baik dan sehat. Nah, berikut adalah Cara Orangtua Mencegah Obesitas Pada Anak:

Tips Dan Cara Mencegah Obesitan/Kegemukan Pada Anak-anak


anak tips cara mencegah obesitas kegemukan parenting orangtua berat badan

Cara Orangtua Mencegah Obesitas Pada Anak


  • Kebiasaan makan makanan sehat 

    Dorong anak Anda untuk membiasakan diri makan makanan sehat. Sediakan mereka buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak dan makanan biji-bijian. Suruh anak Anda minum air putih yang banyak ketimbang minum minuman yang manis. Untuk diet protein, berikan juga makanan-makanan seperti: makanan yang rendah lemak, daging kurus, daging unggas, kacang dan panjang.

  • Sarapan

    Jangan pernah biarkan anak Anda tidak sarapan. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Hasil suatu penelitian menunjukkan bahwa sarapan mempunyai hubungan dengan mempertahankan indeks massa tubuh lebih rendah sepanjang waktu. Dan juga, anak yang memakan sereal ketika sarapan secara rutin mempunyai hubungan dengan berat badan yang sehat.
     
  • Makan Secara Teratur

    Berikan anak Anda porsi makanan yang kecil namun rutin. Dengan demikian, hal ini akan menjaga anak Anda tidak merasa terlalu lapar yang mengakibatkan mereka makan makanan junk food.
     .
  • Kegiatan Fisik

    Dorong anak Anda untuk tetap aktif secara fisik setiap hari. Peneliti menyarankan kepada anak-anak dan para remaja agar tetap aktif secara fisik minimal 60 menit pada setiap aktivitas secara intensif setiap hari. Rencanakan waktu kegiatan fisik bersama keluarga setiap hari seperti jalan-jalan, naik sepeda, berenang, permainan fisik, dan lain-lain. Batasi waktu anak Anda untuk menonton televisi dan di depan komputer.
     .
  • Check Up

    Antar anak Anda untuk di lakukan pemeriksaan ke dokter minimal setahun sekali. Pemeriksaan ini akan meentukan berat badan anak yang ideal serta merupakan pencegahan dari masalah kegemukan dan juga melindungi anak Anda dari masalah kesehatan lainnya. 

Demikianlah artikel yang berjudul Cara Orangtua Mencegah Obesitas Pada Anak ini. Terima kasih telah sudi meluangkan waktu Anda untuk membaca artikel Cara Orangtua Mencegah Obesitas Pada Anak. Semoga artikel berjudul Cara Orangtua Mencegah Obesitas Pada Anak ini bermanfaat bagi Anda semua. Dan disarakan bagi Anda untuk membagikan Cara Orangtua Mencegah Obesitas Pada Anak kepada teman atau kerabat Anda yang membutuhkan.

Baca Juga:

Cara Mencegah Diabetes Pada Anak
Tips Berguna Untuk Membuat Anak Memahami Ebola
10 Jenis Makanan Yang Berguna Untuk Membakar Kalori
5 Cara Untuk Menjaga Mental Tetap Sehat
5 Cara Mudah Dan Sederhana Untuk Mengobati Kapalan Pada Kaki

No comments:

Post a Comment