Monday 1 December 2014

Tips Berguna Untuk Membuat Anak Memahami Ebola

Tips Berguna Untuk Membuat Anak Memahami Ebola - Para ilmuwan telah memberikan beberpa tips tertentu bagi orang tua untuk membuat anak mereka memahami penyakit yang sangat serius ini dan membuatnya tetap tenang dan tidak panik meskipun berita penyakit ebola ini sering menjadi headline di media massa.

Informasi yang tidak banyak diketahui bisa sulit bagi anak-anak. Psikiater anak di Loyola University Health System mengatakan bahwa orang tua diperlukan untuk meyakinkan anak-anak bahwa mereka aman. Pertanyaan yang dilontarkan anak-anak adalah kesempatan untuk mengajarkan pelajaran tentang bagaimana cara mempraktekkan pola hidup sehat dan melakukan pencegahan.

Psikiater tersebut juga mengatakan bahwa anak-anak perlu tahu bahwa para ahli kesehatan medis dan masyarakat, serta pemerintah, yang bekerja untuk memahami virus, sedang mengembangkan pengobatan dan melakukan langkah-langkah untuk melindungi orang-orang dari penyebaran virus ebola. Pastikan anak-anak mengerti dan merasa aman. Disarankan bagi orang tua mungkin perlu untuk melakukan percakapan sendiri pada tiap anak.

Cara Bagi Orang Tua Untuk Membuat Anak Memahami Ebola


anak memahami ebola cara orangtua tips parenting berguna membuat menerangkan anak

Tips Berguna Untuk Membuat Anak Memahami Ebola


  • Gunakan gambar visual seperti peta untuk menunjukkan asal virus ebola.
  • Jelaskan bagaimana air bersih, makanan sehat dan perawatan medis canggih akan membantu menghentikan penyebaran virus.
  • Beritahu bagaimana penyakit itu menyebar dan beri mereka beberapa hal nyata yang bisa mereka lakukan untuk melindungi diri seperti mencuci tangan dengan benar.
  • Biarkan mereka tahu virus itu ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh dari seseorang yang sudah terkena Ebola dan juga beritahu ada sangat sedikit orang dengan penyakit ebola. Dan ingatkan untuk tidak menyentuh ludah, keringat, kotoran, kencing orang lain. Jangan berbagi makanan, peralatan makan atau benda tajam seperti kikir kuku atau gunting.
  • Batasi akses anak pada media.
  • Sebagai orang tua menanggapi pertanyaan anak sangat penting untuk memantau anak dan tanggapan emosional anak. Orang tuabisa mengajari anak mengurangi kecemasan seperti meditasi atau berdoa.

Jika anak-anak menunjukkan tanda-tanda berikut, disarankan untuk mencari petunjuk dari dokter anak atau psikiater:


  • Gangguan rutin pada makan atau tidur anak
  • Menunjukkan tanda-tanda stress yang signifikan, seperti depresi atau marah suasana hati
  • Tidak mau pergi ke sekolah atau melakukan kegiatan lain
  • Saat musim hujan, flu bisa meningkatkan kecemasan anak-anak. Penting bagi mereka untuk tahu bahwa tidak semua orang yang terjangkit virus akan mati dan meskipun tidak ada vaksin untuk Ebola belum ada vaksin yang bisa membuat orang aman dari virus yang lebih umum lain seperti flu.

Demikianlah artikel yang berjudul Tips Berguna Untuk Membuat Anak Memahami Ebola. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Tips Berguna Untuk Membuat Anak Memahami Ebola. Semoga artikel Tips Berguna Untuk Membuat Anak Memahami Ebola bermanfaat bagi Anda semua. Disarankan bagi Anda untuk membagikan Tips Berguna Untuk Membuat Anak Memahami Ebola kepada yang membutuhkan.

Baca Juga:

Cara Orangtua Mencegah Obesitas Pada Anak 

No comments:

Post a Comment