Sunday 8 June 2014

Manfaat Khasiat Mengolah Kedelai Untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Mengolah Kedelai Untuk Kesehatan - Kedelai merupakan tanaman semak semusim, tingginya 20 - 60 cm. Batang tanaman kacang-kacangan ini bersegi, berwarna hijau keputih-putihan. Daunnya majemuk, menyisip ganjil, bulat telur, ujung tumpul, tepi rata. Bunganya majemuk, berbentuk tandan, berwarna ungu. Buah kedelai berbentuk polong, seperti kacang, bertangkai pendek, pipih. Buah mudanya berwarna hijau dan tuanya berwarna kuning. Menurut varietasnya, ada kedelai hitam dan ada kedelai putih.

Bahan makanan dari kedelai yang kita kenal antara lain tahu, tempe, tauco, kecap, kembang tahu, bubuk kedelai (kedelai disangrai, dihaluskan dan dimakan dengan nasi, lontong atau beras), yogurt kedelai dan susu kedelai (saridele).

Mengapa harus susu dari kedelai, bukan dari jenis kacang lain? soalnya, kedelai tidak hanya mengandung lebih banyak protein melebihi daging sapi dan ayam, tetapi juga kadar lemaknya yang relatif lebih rendah tapi bernilai tinggi.

Khasiat Kedelai Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya



kedelai manfaat khasiat cara tips cara mengolah pengolahan

Manfaat Khasiat Mengolah Kedelai Untuk Kesehatan


Suku: Papilionaceae (Leguminosae)

Kandungan & manfaat: Kedelai mengandung protein, zat besi, kalsium, vitamin A, B, B1, B2, yang lebih banyak dibanding dengan jenis kacang lainnya, juga b12 yang berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Kandungan lesitin pada kedelai, yang mengandung lemak tak jenuh linoleat, oleat dan arakhidat, berfungsi sebagai lipotropikum, zat yang mencegah penumpukan lemak berlebihan dalam tubuh. Sedangkan, kandungan serat kedelai yang sangat tinggi, membantu merangsang metabolisme dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Zat mutagenik, anti-kanker, genistein, yaitu senyawa fitoesterogen dalam kedelai dapat menghambat pertumbuhan sel kanker atau tumor.

Kegunaan:

  • Mengobati diabetes:

    Segenggam biji kedelai hitam direbus dengan 3 gelas air hingga air tinggal 1 gelas. sring untuk diambil airnya. Minum 1x sehari 1 gelas.
  • Mengobati batuk:

    1 sendok makan kecap manis dicampur dengan perasan seiris jeruk nipis. Minum sekaligus. Lakukan ini 3x sehari.
     
  • Mengobati edema:

    1 cangkir kedelai dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal segelas. Saring. Airnya diminum sekaligus. Lakukan 2x sehari sampai sembuh.
     
  • Mengobati ginjal:

    3 sendok makan biji kedelai direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, biarkan sampai air tinggal 1 gelas. Saring. Minum airnya setiap pagi secara rutin.
     
  • Menyembuhkan rematik:

    1 sendok makan biji kedelai hitam, 1 sendok makan kacang hijau dan 2 sendok makan kacang hijau dan 2 sendok makan kacang tanah. Goreng semua bahan itu tanpa minyak, lalu tumbuk sampai halus. Makan 1 sendok teh, pagi dan sore hari.
     
  • Menyembuhkan anemia:

    Dianjurkan untuk mengkonsumsi tempe 200 g/minggu.
     
  • Mencegah serangan jantung, hipertensi, anti-kanker dan tumor, hepatitis, diare:

    Makan makanan berbahan dasar kedelai sebanyak mungkin. Sedapatnya, hindari yang berbentuk gorengan.

No comments:

Post a Comment