Sunday 1 June 2014

Manfaat Khasiat Mengolah Katuk Untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Mengolah Katuk Untuk Kesehatan - Artikel kali ini akan membahas tentang Manfaat Khasiat Mengolah Katuk Untuk Kesehatan. Tahukah Anda apa Manfaat Khasiat Mengolah Katuk Untuk Kesehatan?

Katuk adalah tanaman perdu berbentuk ramping yang tegak dan berkayu. Tinggi nya bisa mencapai 2 m. Katuk sering ditanam sebagai tanaman pagar. Daunnya yang sering dijadikan sayur itu tersusun berselang-seling pada satu tangkai. Bentuknya lonjong bundar, 2,5 cm, lebar 1,25 - 2 cm. Tangkai daunnya pendek. Sedangkan bunganya tunggal/berkelompok keluar dari ketiak daun. Warnanya merah. Tumbuh liar di hutan atau ladang.

Khasiat Katuk Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya


katuk manfaat khasiat cara tips kesehatan cara mengolah pengolahan


Manfaat Khasiat Mengolah Katuk Untuk Kesehatan


Suku: Euphorbiaceae

Kegunaan & manfaat: Daun dan akar katuk mengandung saponin, flavonoida dan tanin. Katuk bersifat manis, mendinginkan sehingga baik untuk menurunkan demam dan membersihkan darah.

Kegunaan:
  • Melancarkan ASI:

    Cara I : Segenggam daun katuk dimasak menjadi sayur (misalnya, sayur bening) atau dilalap. Konsumsi katuk dilakukan secara teratur.
    Cara II : Segenggam daun katuk yang sudah dijemur, 5 iris temulawak, 5 iris kunyit direbus dengan 2 l air sampai mendidih. Masukkan 2 mata asam jawa. Aduk rata. Setelah dingin, disaring. Minum 2x sehari bersama 1 sendok madu.
  • Mengobati bisul/borok:

    Segenggam daun katuk dicuci, dilumatkan. Tempelkan pada bagian yang sakit.
  • Mengobati sembelit: 

    Segelas daun katuk dicuci, direbus, disaring. Minum air rebusannya secara teratur.

Demikianlah artikel berjudul Manfaat Khasiat Mengolah Katuk Untuk Kesehatan. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Manfaat Khasiat Mengolah Katuk Untuk Kesehatan. Semoga Manfaat Khasiat Mengolah Katuk Untuk Kesehatan bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga:

Manfaat Khasiat Mengolah Jambu Klutuk Untuk Kesehatan 

No comments:

Post a Comment