Sunday 1 June 2014

Manfaat Khasiat Mengolah Kapulaga Untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Mengolang Kapulaga Untuk Kesehatan - Artikel kali ini akan membahas tentang Manfaat Khasiat Mengolah Kapulaga Untuk Kesehatan. Tahukah Anda apa Manfaat Khasiat Mengolah Kapulaga Untuk Kesehatan?

Kapulaga adalah tumbuhan semak yang bisa sampai setinggi manusia, walaupun cuma memiliki batang semu. Daunnya yang lonjong berujung runcing ini bisa sampai 30 cm panjangnya dan 10 cm lebarnya. Bunga majemuknya berwarna putih membentuk bulatan. Dari sana akan dihasilkan buah kotak berwarna putih yang harum sehingga selain dipakai sebagai obat karena khasiatnya, juga dipakai dalam bumbu. Bumbu kue lapis legit juga mengandung kapulaga yang kadang-kadang disebut kapol saja.

Sebenarnya lebih harum kapulaga sabrang (Elettaria cardamomum L.) Maton yang berasal dari Iran, tapi boleh saja keduanya dipilih untuk resep-resep di bawah ini. Sebaiknya jumlah kapulaga tidak dilebih-lebihkan, karena kalau terlalu banyak bisa mengganggu kerja cairan-cairan lambung.

Khasiat  Kapulaga Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya



kpulaga tanaman tumbuhan manfaat khasiat cara tips kesehatan cara mengolah pengolahan

Manfaat Khasiat Mengolah Kapulaga Untuk Kesehatan


Suku: Zingiberaceae

Kandungan & manfaat: Kapulaga mengandung minyak atsiri, antara lain alfaborneol dan betakamfer. Minyak atsiri mengencerkan dahak, memudahkan pengeluaran angin dari perut, menghangatkan, membersihkan darah, menghilangkan rasa sakit, mengharumkan.

Kegunaan:
  • Mengobati batuk pada anak-anak:

    15 butir buah kapulaga, 2 cabai jawa, 10 iris lempuyang, 5 cm kayu manis, dicuci. Dua bawang merah dikupas, dicuci, diparut. Diseduh dengan 0,5 l air. Tutup tempatnya. Diminum setiap 2 jam sampai sembuh.
     
  • Mengobati batuk:

    Biji kapulaga dicuci, dikunyah-kunyak. Cairannya ditelan.
     
  • Menghilangkan perut kembung:

    5 biji kapulaga dicuci, 5 iris jahe dicuci sebelum diiris-iris. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin diminum 1x sehari.
     
  • Menghilangkan mual:

    5 biji kapulaga, sepotong kencur 3 cm, cuci, lumatkan. Seduh dengan segelas air. Sesudah dingin disaring. Airnya diminum.
     
  • Mengobati radang tenggorokan:

    10 buah kapulaga, sepotong kunyit berukuran 5 cm dicuci, dimemarkan, diseduh dengan segelas air. Setelah dingin disaring. Airnya separuh diminum pagi, separuh lagi malam. Diulangi selama beberapa hari.
     
  • Menghilangkan bau mulut:

    8 buah kapulaga, 1 cangkir daun pegagan dicuci lalu diseduh dengan 1/2  gelas air. Tutupi. Setelah dingin, disaring dan diminum pagi-pagi pada saat perut masih kosong.
     
  • Menyembuhkan perut mulas karena kedinginan:

    4 buah kapulaga dicuci, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, minum hangat-hangat.

No comments:

Post a Comment